2. Proses Pengomposan


Proses komposting merupakan proses memperkaya mulsa (enriched mulch). Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Pencacahan tandan kosong. Segera setelah keluar dari pabrik, tandan kosong dicacah dengan mesin pencacah menjadi potongan-potongan kecil (2 x 5 cm) sehingga menghasilkan luas permukaan yang besar untuk penyerapan limbah cair.
  • Membangun windrow. Cacahan tandan kosong dibawa ke area pengomposan dan dibentuk menjadi barisan-barisan dengan ukuran 3 m lebar x 1 m tinggi. Jarak antar barisan berkisar 1,5 m dan jarak antar barisan sebagai laluan traktor dibuat 3,5 m.

  • Penyiraman. Windrow yang telah terbentuk selanjutnya disiram dengan limbah cair dengan aturan penyiraman di bagian atas sekitar 90% dan sisi-sisinya 10%. Hal ini dimaksudkan agar oksigen masuk dari sisi-sisi samping untuk membantu kerja bakteri aerobik. Frekwensi penyiraman di bagian samping harus minimal karena pada posisi ini cairan limbah cenderung untuk mengalir ke parit windrow dan membawa sebagian unsur hara (terutama K) mengalir terbuang. Limbah cair disiramkan setiap hari ke barisan windrow selama 25 hari dengan takaran 150 liter/ton kompos selama 10 hari pertama dan 100 liter/ton kompos selama 15 hari berikutnya. Dapat dilihat bahwa aktivitas penyiraman cenderung lebih sering pada awal-awal umur windrow.

  • Pembalikan. Semua windrow dibalik secara teratur 3x seminggu dengan mesin pembalik agar proses penguraian material organik terjadi secara merata. Untuk menguji bahwa proses pengomposan berlangsung dengan baik, temperatur di bagian tengah windrow harus berkisar antara 57 – 74 deg C.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: